Mata Kuliah
|
:
|
Ulumul Qur’an
|
Kode
|
:
|
|
Bobot SKS
|
:
|
3 SKS
|
Jurusan
|
:
|
PAI
|
Program Studi
|
:
|
PAI
|
Semester
|
:
|
III
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
Tafsir Tarbawi
|
Pengajar
|
:
|
Dr.H.Anshori,MA
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Mengetahui
kaidah-kaidah ulumul qur’an dengan benar secara teoritis maupun praktis yang
mencakup berbagai pokok pembahasan yang berkaitan dengan ulum al-Qur’an
2. Menerapkan
kaidah-kaidah ulum al-Qur’an dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mahasiswa mampu
memahami dan menyingkap ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur’an secara
sistematik, metodologis dan rasional
|
Indikator
|
:
|
Setelah menyelesaikan seluruh materi
perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1. Mengungkapkan pengertian ulum al-qur’an dan sejarah
perkembangannya.
2. Membedakan antara al-Qur’an dan wahyu.
3. Menjelaskan sejarah turunnya al-Qur’an dan
pemeliharaannya
4. Menjelaskan asbab al-Nuzul al-Qur’an.
5. Membedakan ayat-ayat makky dan madany
6. Menjelaskan Qashash al-Qur’an.
7. Membedakan Muhkam dan Mutasyabih.
8. Menjelaskan hubungan qira’at
dan rasm al-Qur’an
10.Membedakan antara tafsir, ta’wil dan tarjamah
11.Menjelaskan I’jaz al-Qurán
12.Menjelaskan amtsal al-Qurán
13.Menjelaskan
debat/jadal dalam al-Qurán
14.Menjelaskan
munasabah al-Qurán
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh jurusan/program
studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN
Jakarta. Mata kuliah ini akan memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa
tentang ulum al-Qur’an secara umum seperti ulum al-qur’an dan sejarah
perkembangannya, al-qur’an dan wahyu, sejarah turun al-qur’an dan pemeliharaannya,
asbab nuzul al-qurán, makky dan madany, qashash al-qur’an, muhkam dan mutasyabih,
qira’at dan rasm al-qur’an, tafsir, ta’wil dan tarjamah, I’jaz al-qurán, amtsal al-qurán, aqsam al-qurán,
al-jadal/debat dalam al-qurán, munasabah al-qurán
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Ulum al-qur’an dan sejarah perkembangannya
2. al-Qur’an dan wahyu
3. Sejarah turun al-qurán dan pemeliharaannya
4. Asbab nuzul al-qurán
5. Maky dan madany
7. Qashash al-qurán
8. Qiraát dan Rasm al-qurán
9. Tafsir, ta’wil dan tarjamah
10.I’jaz al-Qurán
11.Amtsal al-qurán
12.Aqsam al-qurán
13.Al-Jadal/debat dalam al-qurán
14.Munasabah al-qurán
15.Metode, corak, dan manhaj
al-qurán
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
Terkait dengan
pelaksanaan perkuliahan menggunakan pola
Terkait dengan
penggunaan metode perkuliahan menggunakan metode ceramah, diskusi, seminar,
dan resitasi
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1. Formatif
30 %
2. UTS 30 %
3. UAS 40 %
Jumlah 100 %
|
Buku Sumber
|
:
|
1. Subhi al-Shalih, Mabahits Fi Ulum
al-Qur’an, Dar al-Ilmi Li Malayin, Bairut: 1998 Cet. 17
2. Manna Khalil al-Qaththan, Mabahits Fi Ulum
al-Qur’an, Manshurat al-Ashr al-Hadits , Riyadh: 1998
3. Muhammad Badrudin al-Zarkasyi, al-Burhan Fi
Ulum al-Qur’an, Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah, 1957
4. Jalaluddin Abdurahman al-Suyuthi, al-Itqan
Fi Ulum al-Qur’an, Mesir :Mushtafa al-Babi al-Halany, 1973
5. Muhammad Abdu al-Lazim Manahil Irfan Fi
Ulum al-Qur’an, Dar ihya al-Kutub al-Arabiyah, t.th
6. Ali Ismail al-Sayyid Handawi, Jami al-Bayan
Fi Ma’rifati rasm al-Qur’an, Riyadh:Dar al-Furqan, 1410H
7. Zahir Bin Awadh al-Alami, Manhaj al-Jadal
Fi al-Qur’an, 1400 H
8. Ahmad Ibrahim Mahna, Tabwib ay al-Qur’an
al-Karim Mina al-nahiyah al-Maudhuiyah, Cairo:Dar al-Sya’b,t.th
9. Ibrahim Mazkur, Mu’jam al-Fadh al-Qur’an
al-karim Cairo: Majma al-Lughah al-Arabiyah al-Idariyah al-Ammah Lil Mu’jamat
Wa Ihya al-Turats, 1988
10. Muhammad Fuad Abdul Baqi, al-Mu’jam
al-Mufahrats Li alfadh al-Qur’an al-Karim, Cairo: Dar al-Hadits, 1986
11. Abdul Fatah al-Qadhi, Tarikh al-Mushhaf
al-Syarif, Cairo: Maktabah Wa Mathba’ah al-Masyhad al-Husaini, 1965
|
Mengetahui, Jakarta,
15 Mei 2011
Ketua
Jurusan/Prodi Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Bahrissalaim, MA Dr.H.Anshori,MA
0 komentar :
Posting Komentar